0



Sumber: google.com

Coronavirus masih mewabah diberbagai belahan dunia. Tentunya juga di Indonesia, orang-orang yang terinfeksi virus Corona masih mengalami peningkatan kasus. Dampak dari virus ini dialami oleh seluruh masyarakat. Menurut kompas 28/03/2020 dampak virus Covid-19 terjadi diberbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata dan pendidikan. Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan pemerintah pada 18 Maret 2020 segala kegiatan didalam dan diluar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran corona terutama pada bidang pendidikan. Pada tanggal 24 maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID, dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di
rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid 19.

Situasi seperti ini menuntut kesiapan para pendidik, orang tua, dan juga siswanya dalam menjalani kehidupan baru (new normal) melalui pendekatan belajar menggunakan teknologi informasi dan media elektronik agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Pembelajaran dengan sistem daring seperti ini memerlukan kerja sama yang baik antara pendidik, orang tua, dan tentunya siswa agar kegiatan belajar lebih optimal.

Media pembelajaran berbasis online sudah banyak diciptakan untuk mendukung kegiatan selama pandemi ini. Dengan memanfaatkan gadget dan koneksi internet para siswa dapat mengakses materi-materi secara online. Namun mungkin sebagian merasa bosan belajar di depan gadget saja, yuk cari tau kegiatan asik dan inspriratif yang dapat menambah pengetahuan kita.

Mungutip dari laman alodoker.com berikut beberapa tips agar anak tidak bosan belajar selama di rumah aja.

1. Berkreasi lewat seni


Banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan seni. Mulai dari menggambar, mewarnai, menyanyi, menari, dan masih banyak lagi. Salah satu kegiatan tersebut dapat menjadi pilihan untuk mengatasi bosan selama belajar di rumah aja.

Berkreasi dengan seni akan sangat asik dilakukan secara bersama-sama, misalnya antara orang tua dan anak-anak. Hal itu juga bisa menambah kedekatan antara orang tua dan anak.

Menggambar dan mewarnai, mengkreasikan antara gambar, warna dan bentuk sehingga dapat melatih kemampuan imajinasinya, rasa percaya dirinya, juga aspek kognitifnya. Selain itu kemampuan motorik dan bahasanya bisa diasah dengan kegiatan menari dan menyanyi.

2. Mencoba resep baru dan memasak bersama


Kegiatan ini pasti akan sangat menyenangkan. Karena setelah belajar, kita juga akan makan masak dari kerja keras sendiri.

Banyak hal yang dapat diperoleh dari kegiatan ini, orang tua dapat mengenalkan kepada anak mengenai bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk memasak makan, kemudian dengan kegiatan ini anak akan menghargai dan mensyukuri makanan yang di masaknya.

3. Berkebun


Pekarangan rumah bisa kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan berkebun bersama anak. Apabila di rumah tidak ada pekarangan, kita bisa mengajak anak menanam tanaman di pot.

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan.

4. Menonton film favorit


Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Dampingi anak ketika menonton film dan orang tua dapat menjelaskan adegan mana yang baik dicontoh atau adegan mana yang tidak baik untuk dicontoh.

5. Berolahraga sambil berjemur


Ajaklah anak untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Cukup dengan 15-30 saja, kita bisa melakukan berbagai olahraga ringan misalkan berjalan kaki.

Rutin berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya. Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar anak tetap aktif bergerak supaya tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

Nah, itu tadi beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan bersama anak untuk menghilangkan kebosanan selama berada di rumah aja. Namun, tetap terapkan tindakan pencegahan COVID-19 selama melakukan aktivitas tersebut, ya.

Selama di rumah, orang tua juga bisa mencoba menjelaskan tentang virus Corona kepada anak agar ia mengerti alasan mengapa semua orang tidak diperkenankan untuk bepergian selama wabah virus Corona.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kecemasan, jika memang anak mengalaminya. Selamat mencoba tips-tips di atas ya. (fnh).

Artikel ini ditulis untuk kegiatan PLP-KKN Integratif Tematik Individu 2020 FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.) 

Oleh Fida' Nur H (Mahasiswa)

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top