8
Manfaat Positive Thinking-guyss apa sih positive thinking itu? Terus manfaat yang kita dapat dari positive thinking itu apa? Penasaran pastinya. Kuyy, simak ulasan berikut.

sumber: google


“You are what you think-kamu adalah apa yang kamu pikirkan”.

Ada sebuah kisah menarik nih!!. Dikisahkan saat Nabi Muhammad SAW mengunjungi salah seorang yang sedang menderita sakit demam. Beliau mencoba menghibur dan membesarkan hati seseorang tersebut. “Semoga penyakitmu ini menjadi penghapus dosamu”, begitulah sabdanya. Kemudian orang itu menjawab, “Tapi ini adalah demam yang mendidih, jika sudah menimpa orang tua yang sudah renta, bisa menyeretnya ke lubang kubur”. Mendengar kata-kata orang itu, Rasulullah kembali bersabda, “Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya”. (HR. Ibnu Majah). Baginda Rasulullah SAW juga berpesan dalam sebuah hadits, “Barangsiapa yang ridha, maka keridhaan itu untuknya. Barangsiapa mengeluh, maka keluhan itu akan menjadi miliknya”. (HR. Tirmidzi).

Setelah membaca sekilas kisah diatas, tersirat anjuran untuk berpositive thinking. Sebenarnya apa tuh positive thinking? Positive thinking itu diambil dari bahasa Inggris, kalau dalam bahasa Indonesia artinya berpikirpositif

So, dapat dijelaskan bahwa positive thinking atau berpikir positif adalah suatu proses berpikir yang positif sehingga menghasilkan energi yang positif juga. Energi yang positif tersebut akan menghasilkaan pemikiran dan sikap yang baik, seperti bersemangat, optimis, dan melakukan hal-hal yang benar, baik dan menjadi bahagia. Dalam ajaran islam, berpikir positif dikenal dengan istilah berbaik sangka (husnudzon), termasuk berbaik sangka kepada Allah SWT.

Udah tau kan apa positive thinking itu? Pastinyalah, kan udah dijelasin diatas tadi. Terus apa manfaat yang kita dapat dari positive thinking?

Begini guyss, berpikir positif itu sebagai sumber kekuatan dan sumber kebebasan dalam diri kita. Sumber kekuatan, berarti dengan berpikir positif akan membantu otak dalam memikirkan solusi sampai mendapatkan solusinya. Dengan begitu kita akan bertambah mahir, percaya, dan kuat. Selanjutnya, sumber kebebasan berarti dengan pikiran positif, kita terbebas dari adanya penderitaan berpikir negatif juga pengaruh pada fisik.

Selain sebagai sumber kekuatan dan sumber kebebasan, masih banyak nihh ya manfaat berpikiran positif. Apa aja sih? Mari kita bahas satu-satu.

1.      Menurutkan tingkat stres
Kalau kita sering berpikir positif, hilang tuh pikiran negatifnya. Hal itu bisa meminimalisir tingkat stres karena dalam otak kita udah ga ada anggapan buruk lagi.

2.      Kesehatan lebih terjaga
Rasa ga tenang, cemas, banyak beban pikiran, sedih yang berkepanjanga itu bisa jadi akibat berpikir yang kurang baik. Dan hal itu akan berdampak pada kesehatan kita. Biar tetap sehat ya berpikir positif dong J.

3.      Mudah membuat keputusan yang benar
Saat kita memunculkan persepsi positif, pikiran kita tidak akan mudah terganggu anggapan negatif orang lain. Sehingga kita lebih yakin dalam memutuskan suatu hal. Berbeda dengan saat kita memunculkan persepsi negatif yang dapat mengganggu dan membuat ragu keputusan yang akan kita buat.

4.      Lebih sukses dalam hidup
Dengan hidup yang positif maka kita akan lebih mudah menjalani kehidupan. Lebih mudah dalam menentukan keputusan, lebih mudah dalam menuju kesuksesan.

5.      Memiliki banyak teman
sumber: google

Kekuatan dalam berpikir positif dapat terpancar dari diri kita. Ketika diri kita positif lingkungan sekitar kita akan positif juga. Orang-orang yang membersamai kita pun akan nyaman bertahan. Persahabatan pun akan terjalin dengan baik.

6.      Hidup lebih bahagia
sumber: google

Aura positif akan membuat hidup terasa tanpa beban dan bahagia. Hal itu menunjukan kita bersemangat dalam menjalani hidup. Meskipun hidup ini berat ditengah-tengah kesibukan yang padat, namun perasaan bahagia menjadikan diri kita lebih segar dan sering tersenyum. Keep Smile ya guyss.

Udah selesai ya pembahasan kali ini. Jawaban udah terjawab semua, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

 So, Keep Positive Thinking. Move on deh dari Negative Thinking.

Posting Komentar

  1. Bagus kak 👍
    Kalau boleh saran, mungkin rata kanan rata kiri nya diperbaiki kembali kak supaya lebih bagus lagi..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan kak, saran yang banyak juga gpp, hehe terimakasih

      Hapus
  2. Masya Allah, terima kasih sudah diingatkan kembali. Secara keseluruhan udh oke😊 cuma aku nemuin dua kata yg diantaranya blm dipisahkan sama spasi. Coba dicek lagi ya. Ngga begitu masalah si, tp biar lbh oke dan rapi aja hehe. Dan satu lagi, kalo penulisan di blog itu apakah setiap paragrafnya harus di condongkan ke dlm ya kata2 pertamanya seperti penulisan ilmiah pada umumnya? Mungkin bisa dicari tau yaa krn aku sendiri blm tau pasti yg benarnya gmn. Sejauh ini yg aku lihat di artikel blog2 tdk dicondongkan. Semangat yaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, nanti saya coba perbaiki, terimakasih masukannya :)

      Hapus
  3. SUdah bagus, hanya paragraphnya saja dibuat justify

    BalasHapus
  4. Sudah bagus kak, tinggal di justify biar lebih enak diliat

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat kak. Sangat membantu aku yg sdng belajar utk positive thinking.. 😊🙏

    BalasHapus

 
Top